PERDAGANGAN

BISNIS DAN PERDAGANGAN

Visi :

“Terwujudnya kesejahteraan masyarakat Jawa Timur melalui pengembangan Koperasi Usaha Kecil Menengah yang berkualitas dan berwawasan lingkungan menuju Jawa Timur Bermartabat”

Misi :

  1. Meningkatkan daya saing perdagangan dan bisnis baik dalam dan luar negeri serta pelayanan yang berbasis teknologi;
  2. Meningkatkan daya saing  produk lokal berkualitas yang berbasis teknologi.

 

PROGRAM – PROGRAM

UMKM –  PEMASARAN – SEMBAKO – PRODUKSI – PERIZINAN

UMKM

Menurut data yang diambil dari BPS UMKM adalah kelompok usaha yang paling besar yang berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi hingga 60%. Dengan begitu, strategi pengembangan UMKM harus diterapkan dengan baik. Sehingga, bisnis UMKM bisa lebih kuat untuk menghadapi serangan krisis global. Terlebih, saat ini UMKM juga bersaing dengan perusahaan besar dari negara yang lain.

STRATEGY UMKM

MENGENALI KOMPETITOR                                                                                      Melakukan perbandingan dengan produk yang telah ada untuk memberikan improvisasi agar produk terlihat lebih menarik dan memiliki daya saing.

PRODUK                                                                                                                                       Produk adalah hal yang paling penting dalam melakukan bisnis. Produk yang dijual sudah semestinya dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

HARGA                                                                                                                                          Dalam menentukan harga jual perlu lebih teliti, terutama dalam penghitungan semua biaya yang dikeluarkan ketika proses produksi berlangsung

PROMOSI                                                                                                                                             Mengenalkan produk pada calon konsumen. Supaya promosi lebih tepat sasaran, sebaiknya lakukan riset. Termasuk pada siapa produk akan dijual.

SDM                                                                                                                                                   SDM yang  dipilih  adalah selayaknya orang-orang profesional yang bisa menghasilkan produk terbaik. Diperlakukan seleksi yang ketat serta mendalam untuk merekrut orang yang berkualitas

PEMASARAN               

Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan.

TUJUAN PEMASARAN :

  1. Memperkenalkan produk ke masyarakat
  2. Mencapai target penjualan
  3. Memastikan kepuasan konsumen
  4. Menciptakan strategi lanjutan untuk produk
  5. Bekerja sama dengan mitra
  6. Membuat rekapitulasi penjualan

KOMODITI YANG DIPERDAGANGKAN

PERTANIAN PANGAN : Jagung, Beras, Sayur dan Buah

PERTANIAN BISNIS : Cengkeh, Tembakau, Kopi, Cokelat

PETERNAKAN : Sapi, Kambing, Unggas, Lebah

PERIKANAN : Budidaya Ikan Air Tawar, Budidaya Ikan Air Asin

PRODUK JADI : Olahan UMKM, Aneka Snack

POGRAM PER 3 BULAN:

Sembako Murah, Beras, Gula, Telur

PRODUK PENUNJANG

PENDISTRIBUSIAN PUPUK, PAKAN & JUGA KOMODITI LAINNYA DARI SATU WILAYAH KE WILAYAH LAINNYA

EKSPOR

  1. Udang
  2. Tembakau
  3. Rempah-rempah
  4. Kopi
  5. Biji coklat

BIROKRASI DAN SISTEM DISTRIBUSI

DIVISI BISNIS DAN PERDAGANGAN :

– DIVISI PERTANIAN

– DIVISI PERIKANAN

– DIVISI PETERNAKAN

– UMKM

– EKSPEDISI

ALUR DISTRIBUSI PRODUK

Produsen (MITRA) >> Koperasi UMKM Cabang Kabupaten >> Koperasi UMKM Cabang Jawa Timur >> Ekspedisi >> Supplier

PARTNER :                                                                                                                             BILKA , BONNET , CARREFOUR